Sunday, April 15, 2012

Visa Korea Selatan

Kali ini saya mau cerita mengenai pembuatan Visa Korea Selatan. Banyak sekali yang bilang kalau Visa Korea termasuk mudah didapat. Hampir setiap buku travelling (penulis indonesia) bilang seperti itu. Asal dokumen lengkap dan terpercaya keluarlah Visa itu. Tetapi sebenernya gak sedikit juga yang ditolak dalam pembuatan visa tersebut.

Berikut persyaratan Visa Korea, yang sebenarnya bisa dilihat di: visa korea

Prosedur pengajuan visa turis dengan kunjungan short term (single entry) maksimal 30 hari adalah:
  1. Formulir permohonan visa (dilengkapi dengan pas photo  3,5 x 4,5 cm, berwarna, background putih). Formulir bisa di download disini: form aplikasi visa
  2. Passport asli dan fotokopi passport (halaman depan dan belakang, lalu fotokopi juga stempel2/cap negara2 yang pernah dikunjungi)
  3. Fotokopi Kartu keluarga (sebaiknya bawa aslinya juga, just in case mereka minta lihat aslinya)
  4. Surat keterangan kerja (dalam bahasa inggris) dan SIUP (Surat Izin Usaha Perorangan),biasanya isinya menyatakan bahwa kita memang teregistrasi sebagai karyawan atau pegawai di tempat tersebut. Jika tidak berkerja surat keterangan tersebut tidak diperlukan. Karena saya praktek pribadi, jadi saya menyertakan SIP (Surat Ijin Praktek) untuk dokter umum
  5. Fotokopi bukti keuangan, pilih salah satu
    • SPT (dikeluarkan oleh Directorate Jenderal Pajak)
    • PBB (dikeluarkan oleh Directorate Jenderal Pajak)
    • Laporan buku tabungan dalam 3 bulan terakhir : biasanya berupa rekening koran dan  bisa diminta bersamaan dengan pembuatan Referensi Bank. Kita bisa me-request tanggal cetaknya sesuai keinginan (misalnya dari 1 Agustus sampai 25 November). Tips dari saya, ketika mau cetak rekening koran, usahakan tabungan pas utuh atau sedang banyak-banyaknya. Kemudian cukup print sampai tanggal terbanyak saldonya di bulan itu ;p (saldo yang diambil setelahnya tidak usah diikutsertakan). Saldo minimal adalah seberapa cukup untuk perkiraan biaya disana, yang tentunya harus sesuai dengan itinerary yang kita buat.
    • Tagihan kartu kredit dalam 3 bulan terakhir 
    • Surat keterangan pemegang membership golf
    • Surat keterangan pemegang membership hotel bintang 5
    • Surat keterangan pemegang Jamsostek
    • Bukti tunjangan pensiun
  6. Membayar uang Visa sebesar Rp. 290.000,-
Bagi pelajar perlu melampirkan surat keterangan pelajar dan bukti keuangan milik orang tua
Bagi Ibu Rumah Tangga agar melampirkan bukti keuangan milik suami  
Bagi pejabat tinggi yang ingin membawa serta pembantu rumah tangga ataupun suster perlu melampirkan surat jaminan pribadi

Pembuatan visa biasanya 3 - 7 hari kerja (saya kemarin jadi dalam 5 hari)
Kemudian untuk tambahan, bisa juga dilengkapi: 
  • Fotokopi KTP, NPWP, Akte lahir, Surat nikah dan SIP (bagi dokter yang praktek pribadi)
  • Surat referensi bank :Caranya bikinnya: datang ke bank tempat kita buka rekening (bukan cabang lain ya). Kemudian ajukan untuk pembuatan visa (korea). Biasanya akan dikenakan biaya, untuk mandiri Rp. 100.000 dan bisa langsung jadi dalam hari itu juga. Untuk BCA jadi dalam waktu 3 hari.
  • Print out tiket : Sebaiknya sebelum dapat visa beli tiket tanpa bagasi ataupun tambahan lainnya. Jadi klo visa gak di setujui, kerugian tidak terlalu banyak. Kemudian kalau disetujui tinggal tambahkan saja pembelian bagasi, kursi, makanan dan lainnya. Jangan lupa sebelum memesan tiket, usahakan login dulu ke airasianya. Jadi tiket yang telah kita bayar akan masuk ke data air asia kita dan bisa di upgrade sewaktu-waktu.
  • Surat sponsor : adalah surat dari perusahaan ditempat kita bekerja (dibuat diatas kop surat perusahaan tersebut) atau bila wiraswasta bisa juga dibuat diatas kertas polos dengan menyertakan fotokopi SIUP atau SITU. Bagi mereka yang tidak bekerja atau masih dibawah umur, bisa meminta surat sponsor dari orang tua.
  • Kartu nama
  • Itinerary : Ini adalah jadwal perjalanan (secara singkat aja). Mungkin bisan dibuat perhari.
  • Booking Penginapan : Untuk booking Penginapan bisa dilakukan melalui www.agoda.com dan www.booking.com (bayar full langsung) atau www.hostelbookers.com dan www.hostelworld.com (pembayarannya bisa deposit sebesar 10% dari total keseluruhan melalui paypal). Hal ini tentu lebih menguntungkan bagi yang batal menginap atau tidak memperoleh Visa dikemudian hari.
Dengan melengkapi persyaratan ini selengkap-lengkapnya akan mempermudah keluarnya visa Korea ini. FYI saya hanya melengkapi persyaratan yang dicetak bold.

INFO :


Alamat
The Plaza Office Tower, Lt. 30
Jl. H.M. Thamrin Kav.28-30, Jakarta Pusat 10350
E-mailkoremb_in@mofat.go.kr

Telepon Kedutaan
021-2992-2500 (Hunting)
Fax Kedutaan
021-2992-3131

Telepon Konsular
021-2992-3030
Fax Konsular
021-2992-1700

Konsular dan Visa
Telp : (62-21) 2992-3030
Fax : (62-21) 2992-1700

Konsular dan Visa buka : Hari Senin ~ Hari Jumat(09:00~12:00, 13:30~16:30)
...

Good luck ya yang mau urus visa :). Semoga bermanfaat.

VibaHolic, 27.02.2012
*baca cerita awal rencana ke Korea disini

...

UPDATE

Surat Keterangan Kerja (dalam bahasa Inggris):





6 comments:

  1. Saya barusan urus visa korea ditolak, padahal semua persyaratan komplit. Ada jaminan dari perusahaan tmpt bekerja (perusahaan korea jg) tp msh di reject.undangan dari acara event yg akan dihadiri di korea jg sdh ada, tiket pp jg sdh dilampirkan. Usut punya usut dari cerita bos gua yg telp ke conselor nya buat jamin, trnyt visa gak di approve gara2 takut saya gak balik lg ke indonesia (hadewww..apa muka gua kyk teroris ato imbas bnyk nya tki ilegal ya..?)Ampuuunn dah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. :(:(...

      Memang ketakutan terbesar dari pihak Kedutaan Luar Negri, termasuk Korea Selatan adalah tidak kembali ke negara asal dan menjadi imigran gelap di Negaranya. Mereka biasanya malah lebih curiga sama hal yang berhubungan dengan 'kerjaan'. Banyak faktor juga sih yang menentukan.

      Coba di apply lagi dan lebih dilengkapi persyaratannya ;).

      Delete
    2. iya ni mbak...
      januari kemaren saya apply visa,, sampe sebulan gak dapat jawaban apapun, diterima atau ditolak dari kedutaan koreanya...
      pdhl semua persyaratan udh lengkap...
      :(
      n tambah lagi,, dalam bulan trsbut, saya ada acara keluarga di Malaysia.. mana pasport nya masih ditahan di jakarta.. alhasil, saya gak ikut acara keluarga..
      tunggu punya tunggu,, keputusannya ternyata di tolak sama kedutaan nya... pada awal februari kemaren...
      nyebelin banget... udh ditunggu lama... eh,, ternyata unapproved by themselves... :'(
      gk bisa ke Malaysia, dan gk bisa ke korea... :'(
      pdhl saya cuma mau jalan2 ngeliyat salju... krn waktu itu saya punya tiket pas winter...


      bisa apply lagi,, kapan ya mbak setelah penolakan??? 2 bulankh?? atau 3 bulan?? atau setahun mbak???

      Delete
    3. Kok bisa bgitu ya mbak?
      Masa sampai satu bulan? biasanya 4 hari kerja. Sedih banget ya pastinya banyak momen yang terlewatkan. Persyaratannya udah selengkap apa mbak? Udah pernah dapet Visa negara lain sebelumnya?

      Menurut saya ada beberapa aspek penting dalam mengurus visa, antasa lain:
      1. Adanya surat resmi yang menyatakan tentang pekerjaan/pendidikan di negara asal, jadi meyakinkan kalau kita gak akan jadi imigran gelap disana.
      2. Saldo dalam rekening yang diperkirakan cukup untuk biaya kita selama disana, hal ini disesuaikan dengan jadwal perjalanan yang dibuat.
      3. Isi dalam paspor, yang meyakinkan mereka kalau kita memang turis.

      Setahuku sih itu pertimbangan mereka untuk meloloskan sebuah Visa. Kira-kira punya mbak udah OK semua?

      Kalau gak salah boleh ngajukan visa lagi segera,

      Delete
  2. kak, misalnya kita beli tiket kl-korea pp, trus yang dilampirin ke kedubes itu tanpa tiket pp jkt-kl gitu bisa gak? jadi kalo udah approve baru beli jkt-kl pp hehehe

    ReplyDelete
  3. hi sis.. kebetulan saya dokter jg.. tp saya praktek di tempat dokter lain.. krn saya baru saja tamat.. blm buka ijin praktek sendiri..
    kira2 gmn ya sebaiknya? saya lampirkan surat ijin praktek dokter tmpt saya bekerja bisa kak?

    ReplyDelete